Disusun oleh : Fikri Sylvia Saan
Npm : 52212949
Kelas : 2DF02
BAB I
PENDAHULUAN
1.1
Latar
Belakang Usaha
Pada saat ini banyak makanan ringan di bidang kuliner yang berkembang
pesat dengan kualitas yang terjamin dengan mutu yang berkualitas. Makanan yang
banyak terdapat di tengah-tengah masyarakat biasanya berupa makanan ringan dan
praktis. Saya mempunyai ide untuk turut serta meramaikan aneka makanan ringan
yaitu Pastel.
Sekarang ini banyak masyarakat yang mencari makanan ringan dengan
kandungan karbohidrat yang cukup untuk sekedar menahan rasa lapar sebagai
pengganti makanan pokok sementara. Saya berusaha menyajikan makanan ringan yang
sehat dan higienis dan menghilangkan asumsi masyarakat selama ini bahwa makanan
ringan tidak bagus dikonsumsi. Adanya produk yang saya buat ini diharapkan
masyarakat lebih bisa merasakan manfaat dari mengkonsumsi produk yang saya
ciptakan.
1.2 Visi dan
Misi
Visi
Membuka usaha atau bisnis di bidang
kuliner makanan ringan seperti Pastel lebih diakui dan menjadi pilihan yang
paling utama oleh para pesaingnya dan para konsumen.
Misi
- Berupaya untuk menyediakan makanan bergizi, sehat, dan murah dikalangannya (para kompetitornya)
- Berusaha untuk terus berinovasi dan berkreasi dalam menciptakan varian rasa isi Pastel demi memuaskan para konsumen.
- Berkomitmen untuk memberikan layanan terbaik dalam jasa penyedia makanan ringan khususnya Pastel.
BAB II
LANDASAN TEORI
2.1 Deskripsi tentang
Bisnis
/
Usaha
Usaha yang saya buat adalah salah satu usaha yang
bergerak dalam bidang kuliner makanan ringan. Produk yang saya ciptakan
merupakan makanan cepat saji dan praktis. Bahan utama yang saya gunakan adalah
tepung, kentang, wortel, telur dan soun atau bihun.
Awal mula usaha ini terbentuk karena kecintaan saya
terhadap makanan ringan khusunya Pastel. Salah satu hobby saya juga adalah
membuat makanan ringan dan maka dari itu saya terinspirasi untuk membuat usaha
baru ini.
Pada saat itu saya diberikan pinjaman modal sebesar
Rp. 400.000,- dari orang tua, dengan tambahan modal pribadi sebesar Rp.
100.000,- sehingga modal awal yang saya miliki untuk membuka bisnis/usaha ini
sebesar Rp. 500.000,-
Saya sangat optimis dengan produk yang saya buat akan
menghasilkan omzet yang cukup baik dari penjualan di pasaran, saya juga yakin
produk yang saya miliki mempunyai keunggulan khususnya rasa dibandingkan dengan
produk-produk lainnya yang ada di pasaran pada saat ini.
2.2 Produk
/ Jasa Yang Dihasilkan
Keistimewaan
Pastel Pelangi ini diantaranya :
- Hidangan cepat saji yang dapat diterima oleh semua kalangan.
- Harga relatif terjangkau untuk semua kalangan.
- Memiliki rasa yang khas dan lezat.
- Sajian makanan ringan yang bergizi.
- Menggunakan bahan-bahan yang higienis.
2.3 Bauran Pemasaran /
Analisis 4P
- Product
- Product
- Type : Pastel
- Brand : Pastel Pelangi
- Quality : Tanpa bahan pengawet
- Packing : Menggunakan plastik sebagai pengemas produk Pastel
- Price list : Rp. 2.000,-
- Advertising : Menggunakan media jejaring sosial seperti facebook, twitter.
- Sales Promotion : Mempromosikan penjualan kepada pelanggan.
- Personal Selling : Menjual kepada pelanggan secara langsung.
- Berlokasi di wilayah kampus Universitas Gunadarma J1 dan sekitarnya.
2.4 Target
dan Segmentasi Pasar
1. Geografi
- Wilayah yang saya jadikan target yaitu wilayah di Universitas Gunadarma kampus J1 kalimalang dan sekitarnya, alasan saya memilih lokasi tersebut karena banyak mahasiswa dan masyarakat di daerah tersebut yang menyukai makanan-makanan ringan seperti pastel dan harganya pun yang relatif terjangkau untuk semua kalangan.
- Saya melihat banyaknya produk makanan ringan siap saji yang mudah dikembangkan dengan pesat di wilayah Universitas Gunadarma kampus J1 kalimalang dan sekitarnya dan ini membuktikan bahwa tingkat tanggapan masyarakat kepada makanan ringan sangat tinggi dan antusias sehingga saya memanfaatkan peluang ini.
- Berdasarkan demografi, secara pasar saya tertuju pada kalangan penggemar atau pencinta kuliner, mahasiswa di sekitar kampus Universitas Gunadarma J1 dan sekitarnya, karena dengan sasaran itu saya dapat dengan mudah memperoleh informasi pasar.
2.5
Startegi
Pemasaran
- Perkenalan Bisnis.
Produk
yang saya tawarkan merupakan makanan ringan yang lezat, bergizi, dan harga yang
terjangkau. Produk ini bernama “Pastel Pelangi” yaitu pastel yang sangat baik
untuk dikonsumsi dalam kalangan masyarakat. Pastel ini berisi wortel, kentang, telur dan mie
soun atau bihun. Pastel ini menggunakan bahan dasar yang higienis dan tanpa bahan
pengawet.
- Membangun jaringan dengan usaha lain yang dapat mendukung bisnis.
- Meningkatkan kualitas pelayanan.
Setelah
melakukan penjualan saya meminta kepada konsumen untuk mengkritik atau saran
produk ini jika ada kekurangan dari produk ini, maka saya akan meningkatkan
kualitas, tingkat rasa untuk memuaskan konsumen.
- Media pemasaran.
Saya akan mempromosikan produk ini dengan menggunakan jejaring sosial
seperti facebook, twitter.
1
|
Nama
|
Fikri Sylvia Saan
|
2
|
Jabatan
|
CEO
|
3
|
Tempat Tanggal Lahir
|
Jakarta , 29 September 1994
|
4
|
Alamat Rumah
|
Jl. Kincan Raya No.1 Jatibening Baru Bekasi
|
5
|
Nomer Telepon
|
08988xxxxxx
|
6
|
Alamat Email
|
|
7
|
Pendidikan Terakhir
|
SMK
|
8
|
Pengalaman Kerja
|
Wirausaha
|
2.7 Struktur Organisasi
Saya membuat dan
menjalankan usaha ini sendiri saja mencakup sebagai CEO, General Manager,
Financial Manager, Production Manager dan Marketing Manager yang bertugas untuk
mengontrol, memonitor semua kegiatan yang ada didalam perusahaan dan mampu
membaca laporan keuangan perusahaan serta dapat mengambil keputusan. Kemudian
dapat mempromosikan dan menawarkan produk yang perusahaan miliki melalui
berbagai media, bertanggung jawab pada produksi dan menginovasikan yang akan
diperjual belikan.
2.8 Rencana Produksi
Rencana
produksi yang saya buat dalam jangka waktu 6 bulan dengan produksi Pastel 200
tiap bulannya. Apabila konsumen atau pelanggan semakin bertambah banyak, maka
saya akan menambah jumlah produksi Pastel menjadi 300 tiap bulannya. Dan saya
akan terus memantau perkembangan operasional produksi usaha yang saya buat ini.
Bahan-bahan untuk
membuat kulit pastel :
·
300 gram tepung terigu
·
50 gram tepung maizena
·
3 butir telur ayam
·
50 gram margarine, lelehkan
·
1/2 sdt garam
·
1/2 sdt merica bubuk
·
100 ml air
Bahan-bahan untuk
membuat isi pastel :
·
2 siung bawang putih
·
75 gram wortel, potong dadu
·
75 gram kentang, iris kecil
·
1 bungkus mie soun/bihun
·
1 sdt garam
·
1 sdt lada bubuk
·
1 sdt gula pasir
·
100 cc susu cair
·
batang daun bawang, iris halus
·
batang seledri, iris halus
·
sdm margarin, untuk menumis
·
2 butir telur rebus, kupas,
potong-potong
2.9 Modal Usaha
Modal Usaha
|
Rp. 100.000,-
|
Modal Pinjaman
|
Rp. 400.000,-
|
Jumlah Modal
|
Rp. 500.000,-
|
2.10
Penentuan Produksi Bulan ke 1 s/d 6
No
|
Keterangan
|
Jumlah
|
Unit
|
Harga Satuan
|
Harga Total
|
1
|
Biaya Bahan Baku
· Tepung Terigu
· Telur
· Margarin
· Penyedap Rasa
· Wortel
· Kentang
· Soun / Bihun
· Bawang Putih
· Bawang Merah
· Lada
· Susu
· Minyak Goreng
· Garam
· Gula
|
2
6
2
2
3
3
3
¼
¼
10
6
2
2
1
|
Kg
Kg
Kg
Pcs
Kg
Kg
Pcs
Kg
Kg
Gr
Pcs
Liter
Pcs
kg
|
Rp. 8.000,-
Rp. 19.000,-
Rp. 4.000,-
Rp. 3.000,-
Rp. 6.000,-
Rp. 5.000,-
Rp. 3.000,-
Rp. 3.000,-
Rp. 4.000,-
Rp. 100,-
Rp. 1.000,-
Rp. 11.000,-
Rp. 2.000,-
Rp. 5.000,-
|
Rp. 16.000,-
Rp. 114.000,-
Rp. 8.000,-
Rp. 6.000,-
Rp. 18.000,-
Rp. 15.000,-
Rp. 9.000,-
Rp. 3.000,-
Rp. 3.000,-
Rp. 1.000,-
Rp. 6.000,-
Rp. 22.000,-
Rp. 4.000,-
Rp. 5.000,-
|
Total Biaya Bahan Baku
|
Rp. 230.000,-
| ||||
2
|
Biaya Penolong
· Cabai
· Plastik
|
1
1
|
Kg
Kg
|
Rp. 15.000,-
Rp. 5.000,-
|
Rp. 15.000,-
Rp. 5.000,-
|
Total Biaya Penolong
|
Rp. 20.000,-
| ||||
TOTAL BIAYA PRODUKSI
|
Rp. 250.000,-
| ||||
3
|
Biaya Adm & Umum
|
Rp. 10.000,-
| |||
TOTAL BIAYA
|
Rp. 260.000,-
|
- Harga Pokok Produksi per potong Pastel adalah :
Pastel = Rp. 250.000 + Rp.10.000,- / 200 pcs =
Rp. 1.300,-
- Penentuan Harga Jual
Jika dilihat
dari harga pokok produksi pastel total nya
Rp.250.000,- perkiraan laba yang
diharapkan adalah 60% dari harga pokok penjualan. Sehingga total harga jualnya Rp. 400.000,- / 200 pcs = Rp. 2.000,-
Sehingga harga
jual per unit Pastel adalah Rp. 2.000,-
Keterangan : Jadi
keuntungan yang saya dapat dari penjualan setiap pcs sebesar Rp.700,- ( Rp. 2.000,- – Rp. 1.300,-)
2.11 Resiko yang dihadapi Usaha
Resiko-resiko yang
dihadapi antara lain :
1. Resiko Fisik
Ada banyak sumber resiko
fisik yang sebagiannya adalah fenomena alam sedangkan lainnya disebabkan oleh
kesalahan manusia.
2. Lingkungan
Operasional
Karena usaha ini meliputi
produksi dan penjualan, tentunya ada resiko yang muncul akibat kelalaian saya dalam menggunakan peralatan yang mengakibatkan produksinya terganganggu.
Contohnya, pada saat pembuatan pastel, saya membuat takaran bahan baku yang salah dan mengakibatkan ketidakpuasan konsumen terhadap pelayanan usaha saya.
3. Lingkungan
Ekonomi
Ekonomi yang tidak menentu
membuat produksi kurang sesuai harapan. Karena pastel merupakan usaha di bidang makanan
yang terkadang harga bahan bakunya tidak stabil seperti menjelang hari raya sehingga
produksi yang telah dibuat sebelumnya belum tentu bias diprediksi. Oleh karena itu
keuntungan yang didapat juga tidak dapat diprediksi.
4. Pesaing
Usaha atau bisnis di bidang kuliner yang
menjual pastel bukan salah satunya usaha penjualan dan produksi pastel. Oleh sebab itu, usaha saya ini harus
bersaing dengan usaha pastel lain. Resiko inilah
yang harus mereka hadapi sehingga usaha saya harus lebih baik dari pesaing-pesaing
yang lain.
BAB III
ANALISA MASALAH ( SWOT )
SWOT (Strength,
Weaknesses, Opportunities, Threats)
STRENGTH ( Kekuatan )
STRENGTH ( Kekuatan )
1. Memiliki SDM
yang handal.
2. Memiliki
tampilan yang menarik.
3. Harga relatif
terjangkau.
4. Makanan sehat
dan higienis.
WEAKNESS (Kelemahan)
WEAKNESS (Kelemahan)
1. Terbatasnya
SDM.
2. Makanan yang
tidak tahan lama.
OPORTUNITIES ( Peluang )
OPORTUNITIES ( Peluang )
1. Dengan harga
yang terjangkau dapat meraih laba yang tinggi.
2. Perilaku
masyarakat Indonesia yang konsumtif.
3. Masyarakat
yang cenderung memiliki pola hidup yang instan.
THREATS (Ancaman)
THREATS (Ancaman)
1. Banyaknya
pesaing yang sejenis.
2. Selera
konsumen yang berubah-ubah.
3. Harga bahan
baku naik.
BAB IV
PENYELESAIAN MASALAH ( TOWS )
S.O ( Strength dan Opportunities )
1. Memberikan
harga yang terjangkau sesuai dengan kualitas.
2. Memberikan
harga promo dan strategi penjualan.
3. Membuat
makanan sehat yang dapat dijangkau oleh konsumen.
W.O ( Weakness dan Opportunities )
1. Menambah
SDM jika diperlukan.
2. Menggunakan
kemasan yang tahan lama.
S.T ( Strength dan Threats )
1. Memberikan
varian rasa yang berbeda.
2. Mempertahankan
porsinya dengan menaikan harga.
3. Menjamin kehigienisan dan kualitas produk.
W.T ( Weakness dan Threats )
1. Menambah
kapasitas produksi.
2. Mempertahankan
keorisinilan rasa.
3. Meningkatkan kualitas SDM.
BAB V
KESIMPULAN
Dari
pembahasan yang saya buat diatas dapat
disimpulkan bahwa bisnis atau usaha di bidang kuliner
sangatlah memiliki peluang besar dan menggiurkan
dengan peminat di berbagai kalangan dari yang muda sampai tua sangat begitu besar. Sehingga
saya dapat memperoleh keuntungan sebesar mungkin. Bisnis atau usaha ini membutuhkan
modal yang relatif tidak terlalu besar, sehingga dapat membuka peluang lapangan
pekerjaan yang besar juga untuk mengurangi jumlah pengangguran. Semoga dengan semakin berkembangnya usaha usaha mandiri akan terus membangun
negara ini kearah yang lebih baik.Salah satu kunci utama bisnis atau usaha di
bidang kuliner adalah mempertahankan pelanggan agar betah membeli lagi dan
lagi. Yang tak kalah penting adalah membangun pencitraan yang baik, buat
pelanggan merasa betah, merasa akrab dengan kita, keterikatan itu akan membuat
pelanggan setia.
Apakah Anda membutuhkan pinjaman ? jika ya, silakan kembali ke kami melalui email (excelservices.managementonline@gmail.com)
BalasHapusnama:
Jumlah Pinjaman :
durasi :
Negara :
Tel :
menawarkan pinjaman