Selasa, 26 Maret 2013

Al-Qur’an

Definisi Al-Qur’an.

Secara etimologi bermakna bacaan. Secara terminology bermakna firman Allah Ta’ala berbahasa Arab, yang diturunkan kepada Rasul-Nya Muhammad shallallahu alaihi wasallam, yang dimulai dengan surah Al-Fatihah dan diakhiri dengan surah An-Naas. Hal ini terdapat dalam beberapa ayat dalam Al-Qur`an, di antaranya dalam surah Al-Insan ayat 23 dan surah Yusuf ayat 2. Allah Ta’ala telah memberikan penjagaan terhadapnya dari segala sesuatu yang bisa merusaknya, dan juga menyifatinya dengan sifat-sifat yang agung lagi mulia. Hal ini dijelaskan dalam beberapa ayat dalam Al-Qur`an, di antaranya dalam surah Al-Hijr ayat 9, surah Qaf ayat 2, dan surah Al-Waqiah ayat 77.

Awal Turunnya Al-Qur’an.

Awal turunnya pada lailatul qadr di bulan Ramadhan, dan ketika Nabi shallallahu alaihi wasallam sudah berumur 40 tahun. Hal ini disebutkan di antaranya dalam surah Al-Qadr ayat 1 dan di awal-awal surah Ad-Dukhan.

Ayat Yang Pertama Turun.

Ayat yang pertama turun adalah 5 ayat pertama dari surah Al-Alaq. (HR. Al-Bukhari dan Muslim dari Aisyah radhiallahu anha). Setelah itu terjadi masa vakum dimana wahyu tidak turun selama beberapa lama. Namun setelah itu, wahyu kembali turun dan dimulai dengan 5 ayat pertama dari surah Al-Muddatstsir. (HR. Al-Bukhari dan Muslim dari Jabir radhiallahu anhuma)

Sumber : http://al-atsariyyah.com/category/ilmu-al-quran

Keutamaan Shalat

Abdullah bin Umar berkata: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

بُنِيَ الْإِسْلَامُ عَلَى خَمْسٍ شَهَادَةِ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ وَأَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُولُهُ وَإِقَامِ الصَّلَاةِ وَإِيتَاءِ الزَّكَاةِ وَحَجِّ الْبَيْتِ وَصَوْمِ رَمَضَانَ

“Islam dibangun atas lima pondasi: Yaitu persaksian bahwa tidak ada sembahan (yang berhak disembah) melainkan Allah, bahwa Muhammad adalah hamba dan Rasul-Nya, mendirikan shalat, menunaikan zakat, berhaji ke Baitullah, dan berpuasa ramadhan.”(HR. Al-Bukhari no. 8 dan Muslim no. 16)
Dari Ibnu Umar t bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam telah bersabda:

أُمِرْتُ أَنْ أُقَاتِلَ النَّاسَ حَتَّى يَشْهَدُوا أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ وَأَنَّ مُحَمَّدًا رَسُولُ اللَّهِ وَيُقِيمُوا الصَّلَاةَ وَيُؤْتُوا الزَّكَاةَ فَإِذَا فَعَلُوا ذَلِكَ عَصَمُوا مِنِّي دِمَاءَهُمْ وَأَمْوَالَهُمْ إِلَّا بِحَقِّ الْإِسْلَامِ وَحِسَابُهُمْ عَلَى اللَّهِ

“Aku diperintahkan untuk memerangi manusia hingga mereka bersaksi bahwa tidak ada sembahan (yang berhak disembah) kecuali Allah dan bahwa sesungguhnya Muhammad adalah utusan Allah, menegakkan shalat, menunaikan zakat. Jika mereka lakukan yang demikian maka mereka telah memelihara darah dan harta mereka dariku kecuali dengan hak Islam dan perhitungan mereka ada pada Allah.” (HR. Al-Bukhari no. 25 dan Muslim no. 21)
Dari Abu Hurairah -radhiallahu anhu- dia berkata: Nabi -alaihishshalatu wassalam- bersabda:

إِنَّ أَوَّلَ مَا يُحَاسَبُ النَّاسُ بِهِ يَوْمَ الْقِيَامَةِ مِنْ أَعْمَالِهِمْ الصَّلَاةُ قَالَ يَقُولُ رَبُّنَا جَلَّ وَعَزَّ لِمَلَائِكَتِهِ وَهُوَ أَعْلَمُ انْظُرُوا فِي صَلَاةِ عَبْدِي أَتَمَّهَا أَمْ نَقَصَهَا فَإِنْ كَانَتْ تَامَّةً كُتِبَتْ لَهُ تَامَّةً وَإِنْ كَانَ انْتَقَصَ مِنْهَا شَيْئًا قَالَ انْظُرُوا هَلْ لِعَبْدِي مِنْ تَطَوُّعٍ فَإِنْ كَانَ لَهُ تَطَوُّعٌ قَالَ أَتِمُّوا لِعَبْدِي فَرِيضَتَهُ مِنْ تَطَوُّعِهِ ثُمَّ تُؤْخَذُ الْأَعْمَالُ عَلَى ذَاكُمْ

“Sesungguhnya yang pertama kali akan dihisab dari amal perbuatan manusia pada hari kiamat adalah shalatnya. Rabb kita Jalla wa ‘Azza berfirman kepada para malaikat-Nya -padahal Dia lebih mengetahui-, “Periksalah shalat hamba-Ku, sempurnakah atau justru kurang?” Sekiranya sempurna, maka akan dituliskan baginya dengan sempurna, dan jika terdapat kekurangan maka Allah berfirman, “Periksalah lagi, apakah hamba-Ku memiliki amalan shalat sunnah?” Jikalau terdapat shalat sunnahnya, Allah berfirman, “Sempurnakanlah kekurangan yang ada pada shalat wajib hamba-Ku itu dengan shalat sunnahnya.” Selanjutnya semua amal manusia akan dihisab dengan cara demikian.” (HR. Abu Daud no. 964, At-Tirmizi no. 413, An-Nasai no. 461-463, dan Ibnu Majah no. 1425. Dinyatakan shahih oleh Al-Albani dalam Shahih Al-Jami’ no. 2571)

Penjelasan ringkas:

Shalat merupakan rukun Islam kedua dan merupakan amalan yang paling utama dan paling dicintai oleh Allah Ta’ala. Ar-Rasul -alaihishshalatu wassalam- menjadikannya sebagai penjaga darah dan harta, sehingga kapan seseorang meninggalkannya maka darah dan hartanya akan terancam. Karena sangat pentingnya shalat ini, sampai-sampai dialah amalan pertama yang hamba akan dihisab dengannya pada hari kiamat. Di dalam hadits Ibnu Mas’ud secara marfu’ disebutkan:

أَوَّلُ مَا يُحَاسَبُ بِهِ الْعَبْدُ الصَّلَاةُ وَأَوَّلُ مَا يُقْضَى بَيْنَ النَّاسِ فِي الدِّمَاءِ

“Amalan pertama yang dengannya seorang hamba dihisab adalah shalat dan sesuatu pertama yang diputuskan di antara para manusia adalah mengenai darah.” (HR. An-Nasai no. 3926 dan selainnya). Maksudnya, amalan yang berhubungan antara hamba dengan Allah, maka yang pertama kali dihisab darinya adalah shalat. Sementara amalan berhubungan antara makhluk dengan makhluk lainnya, maka yang pertama kali dihisab adalah dalam masalah darah.

Hadits Abu Hurairah di atas juga menunjukkan keutamaan shalat sunnah secara khusus, bahwa dia dijadikan sebagai penyempurna dari kekurangan yang terjadi dalam shalat wajib, baik kekurangan dari sisi pelaksanaan zhahir maupun kekurangan dari sisi batin dan roh shalat tersebut, yaitu kekhusyuan. Wallahu a’lam



Sumber : http://al-atsariyyah.com/keutamaan-shalat.html


Sabtu, 23 Maret 2013


Asal Nama Tempat di Jakarta

Kota Jakarta adalah jantung ibukota dari negara Republik Indonesia di mana pusat perekonomian beserta berjuta permasalahannya ada di kota besar padat penduduk ini. Di balik nama beberapa daerah di Jakarta tersimpan kisah, cerita dan sejarah dari mana nama itu muncul.

Berikut di bawah ini adalah beberapa asal-muasal nama daerah terkenal di DKI Jakarta :
            
A. Glodok
Asalnya dari kata grojok yang merupakan sebutan dari bunyi air yang jatuh dari pancuran air. Di tempat itu dahulu kala ada semacam waduk penampungan air kali ciliwung. Orang tionghoa dan keturunan tionghoa menyebut grojok sebagai glodok karena orang tionghoa sulit mengucap kata grojok seperti layaknya orang pribumi.

B. Kwitang
Dulu di wilayah tersebut sebagian tanah dikuasai dan dimiliki oleh tuan tanah yang sangat kaya raya sekali bernama Kwik Tang Kiam. Orang Betawi jaman dulu menyebut daerah itu sebagai kampung si kwi tang dan akhirnya lama-lama tempat tersebut dinamai kwitang.

C. Senayan
Dulu daerah senayan adalah milik seseorang yang bernama wangsanaya yang berasal dari Bali . Tanah tersebut disebut orang-orang dengan sebutan wangsanayan yang berarti tanah tempat tinggal atau tanah milik wangsanaya. Lambat laun akhirnya orang menyingkat nama wangsanayan menjadi senayan.

D. Menteng
Daerah Menteng Jakarta Pusat pada zaman dahulu kala merupakan hutan yang banyak pohon buah-buahan. Karena banyak pohon buah menteng orang menyebut wilayah tersebut dengan nama kampung menteng. Setelah tanah itu dibeli oleh Pemerintah Belanda pada tahun 1912 sebagai lokasi perumahan pegawai pemerintah Hindia Belanda maka daerah itu disebut Menteng.

E. Jalan Jaksa
Karena dulu daerah sana tempat nge-kost-nya pelajar-pelajar asal Indonesia yang sekolah hukum Belanda.

F. Matraman
Merupakan tempat basisnya Sultan Agung yang ingin menyerang Kota Batavia . nah, karena Sultan Agung dari Mataram maka tempat tersebut dikenal dengan Mataraman, lama kelamaan sebutan tersebut berubah menjadi Matraman.

G. Tanah Abang
Tanah Abang dulunya tanah sekitar situ berwarna merah (abang dalam bahasa Jawa). Sekarang berwarna "emas" karena mahalnya tanah disana.

H. Pademangan
Pademangan yang bersebelahan dengan Kemayoran adalah dua daerah yang
dipimpin oleh Demang Betawi (lokal) dan Mayor (londo).

I. Kebayoran
Kebayoran dulunya tanah Tuan Bayor yang berasal dari Belanda.

J. Karet Tengsin
Karet Tengsin dulunya adalah Perkebunan karet milik etnis China bernama Tieng Shin, karena orang pribumi susah nyebutnya jadi Tengsin aja

K. Kuningan
Kuningan adalah dulunya tempat menetapnya seorang Pangeran dari Cirebon bernama Pangeran Koeningan.

L. Buncit
Dulunya di jalan buncit raya sekarang ada pedagang kelontong China berperut gendut (Buncit) yg terkenal.

M. Bangka
Dulunya disana banyak ditemukan mayat (bangke/bangkai) orang yg dibuang di kali krukut.

N. Cilandak
Konon di sana pernah ditemukan seekor landak raksasa

O. Tegal Parang
Disana banyak ditemukan alang-alang tinggi (tegalan) yang dipotong dengan parang (golok).

P. Blok A/M/S
Dulunya sekitar situ tempat pembukaan perumahan baru yang ditandai dengan blok, mulai A-S. Sayang yang tersisa tinggal 3 blok doang.

Q. Pasar Rumput
Dulunya tempat berkumpulnya tukang rumput yg menjualnya untuk kalangan meneer Belanda yg tinggal di kampung elit, Menteng.

R. Kalimalang
Karena kali/sungai yang mengalir di sepanjang jalan tersebut tidak mengarah kelaut (utara) melainkan kearah barat (silang/malang).

S. Lebak Bulus
Lebak artinya kolam, Bulus artinya penyu atau kura-kura, dinamakan Lebak Bulus soalnya dulu disini dijadikan sentral penjualan penyu atau kura-kura yang di taruh di kolam-kolam.


Sumber:http://d-josva.blogspot.com/2010_01_01_archive.html

Langkah langkah Cara untuk Meninggikan Badan

     Tinggi badan seringkali menjadi salah satu persyaratan yang harus dipenuhi untuk mendapatkan suatu bidang pekerjaan atau profesi tertentu. Hal ini tentu menjadi sangat tidak menyenangkan apabila Anda memang termasuk orang yang bertubuh kurang tinggi atau pendek dan tentunya Anda akan kehilangan kesempatan mendapatkan pekerjaan atau cita-cita tersebut. Jangan khawatir dan tidak perlu berkecil hati. Masih ada kesempatan dan cara bagi Anda untuk meninggikan badan.

     Pada usia 11 – 15 tahun pada anak laki-laki tulang mengalami pertumbuhan paling cepat sedangkan pada anak perempuan pertumbuhan tulang tercepat pada usia 9 – 13 tahun. Pertumbuhan tulang ini akan melambat ketika memasuki usia 20 tahun dan akan berhenti pada usia 30 tahun. Dengan demikian bagi Anda yang saat ini berusia 20 – 30 tahun tidak perlu khawatir tidak bisa meninggikan badan kembali. Masih terbuka kesempatan untuk meninggikan badan walaupun tidak seperti pada awal masa pertumbuhan.

     Ada banyak kegiatan dan cara meninggikan tubuh atau badan yang bisa Anda lakukan, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Perbanyak olahraga, aktifitas olahraga yang baik untuk meninggikan badan adalah renang, basket, bersepeda, voli, jogging.

2. biasakan untuk melakukan gerakan-gerakan streching seperti merenggangkan badan, bergantung dengan kedua tangan, dan menendang-nendangkan kaki.

3. Tidur yang cukup, pertumbuhan tulang paling signifikan terjadi pada saat Anda sedang tertidur.

4. Konsumsi makanan yang banyak mengandung kalsium, vitamin D, dan protein yang tinggi misalnya susu, telur, ikan, kacang-kacangan.

5. Apabila asupan mineral yang dapat membantu meninggikan badan dirasakan masih kurang dikarenakan tidak menyukai makanan tersebut atau memang jumlahnya masih sedikit, disarankan bagi Anda untuk mengkonsumsi makanan ataupun minuman.

     Beberapa cara meninggikkan tubuh atau badan di atas saling mendukung, tidak hanya pada satu atau beberapa point saja. Lakukanlah dengan maksimal sehingga hasilnya pun akan optimal. Selamat Mencoba...!



Sumber : http://boedakbageur.blogspot.com/2011/07/cara-meninggikan-badan.html

Tips untuk mencegah Kecanduan Makanan Berlemak


Konsumsi makanan berlemak yang berlebihan diketahui dapat menyebabkan efek kecanduan karena dapat membuat tubuh merasa nyaman dalam waktu yang singkat. Padahal makanan berlemak dapat meningkatkan risiko obesitas dan berbagai penyakit serius lainnya.

Berikut ini cara yang perlu Anda lakukan untuk mencegah kecanduan makanan berlemak, seperti dilansir Self, Minggu (24/2/2013) antara lain:

1. Mengatasi stres

Anda dapat melawan keinginan untuk makan makanan berlemak dengan cara mengatasi salah satu pemicunya, yaitu stres. Stres dapat meningkatkan kadar ghrelin, yaitu hormon yang mempengaruhi rasa lapar dan hal ini membuat makanan tinggi lemak terlihat lebih menggoda.

Tarik napas dalam-dalam, tahan dan kemudian hembuskan secara perlahan setiap kali pikiran Anda terbebani oleh masalah.

2. Hindari memesan makanan dari layanan pesan antar (delivery)

Ketika Anda merasa lapar di malam hari, mungkin pilihan termudah adalah memesan makanan melalui layanan pesan antar restoran. Tetapi, restoran yang menyediakan jasa pesan antar, biasanya menyajikan menu-menu makanan yang berlemak tinggi seperti burger, pizza, dan sebagainya.

Terlalu banyak mengonsumsi makanan cepat saji dapat membebani tubuh dengan asam lemak omega 6 yang dapat membuat Anda menginginkan lebih banyak makanan berlemak. Pilihan terbaik adalah memasak sendiri makanan Anda di rumah dan memilih ikan sebagai sumber asam lemak omega 3 yang baik untuk tubuh.

3. Mengingat masa-masa sulit

Menurut penelitian, seseorang yang mengingat kembali masa-masa sulitnya sebelum memilih makanan, cenderung menjatuhkan pilihan untuk makan makanan yang lebih sehat. Masa-masa sulit seseorang contohnya adalah saat dimana Anda sedang sakit atau tidak memiliki cukup uang untuk makan makanan restoran.

Berpikir tentang masa-masa sulit dapat membuat seseorang berpikir ulang jika ingin makan makanan di restoran yang biasanya berlemak tinggi.

4. Jangan melewatkan waktu makan

Ketika seseorang melewatkan waktu makan, misalnya tidak sarapan, dirinya akan terlalu lapar di siang hari. Perut yang kelaparan membuat tubuh menginginkan kenyamanan dengan cepat yaitu dengan makan makanan berlemak.

Jangan melewatkan waktu makan dan makanlah minimal satu jam setelah bangun tidur dengan makanan berprotein, karbohidrat dan lemak sehat untuk mencegah kelaparan di tengah hari.



Manfaat Sehat Yang Bisa Anda Dapatkan Dengan Minum Air Putih



     Jangan malas minum air ya, sebab banyak minum bisa memberi Anda berbagai manfaat kesehatan. Minumlah paling sedikit 8 gelas dalam sehari. Air tidak hanya akan membersihkan tubuh Anda dari dalam tetapi juga akan membuat kulit dan rambut lebih sehat.

     Dikutip dari Times of India, Selasa (19/2/2013), berikut ini beberapa manfaat sehat yang bisa Anda peroleh dengan minum cukup air:

1. Menghindarkan Anda dari Berat Badan Berlebih
Minum banyak air tidak akan membuat tubuh menjadi gemuk. Justru Anda akan makan dalam jumlah yang lebih sedikit karena air telah memenuhi perut Anda.

2. Membersihkan Tubuh
Langsung minum air putih setelah bangun tidur di pagi hari akan membantu membersihkan usus Anda. Dengan begitu, usus Anda lebih siap mengambil semua nutrisi yang Anda konsumsi sepanjang hari.

3. Membuat Sel-sel Baru
Tubuh Anda membuat sel-sel baru setiap hari dan air yang Anda minum bisa membantu produksi sel-sel baru. Hal ini juga memungkinkan otot-otot Anda untuk tumbuh lebih cepat setelah berolahraga.

4. Meningkatkan Metabolisme
Air bisa meningkatkan metabolisme. Jadi minumlah 2 gelas air di pagi hari sebelum Anda beraktivitas agar metabolisme tubuh berjalan lebih baik.

5. Menyembuhkan Sakit Kepala dan Infeksi
Saat sakit, Anda perlu lebih banyak minun. Sebab air tidak hanya bermanfaat melawan infeksi namun juga membuat Anda cepat sembuh. Sakit kepala terkadang diakibatkan karena tubuh kekurangan cairan, nah minum cukup air akan membantu Anda pulih kembali. Karena itu kapan pun Anda merasa tidak enak badan, minumlah satu atau dua gelas air sebelum minum obat.


SUMBER : http://www.beritadulu.com/4502-manfaat-sehat-yang-bisa-anda-dapatkan-dengan-minum-air-putih.html


Menurunkan berat badan bagi remaja alias ABG (anak baru gede) susah-susah gampang. Remaja masih dalam tahap perkembangan, namun bila tubuhnya sudah begitu tambun, maka sebaiknya aturlah pola hidupnya agar lebih sehat.

Banyak perubahan hormon yang terjadi saat remaja. Hal inilah yang menyebabkan terjadinya perubahan pada fisik anak, mulai dari bau badan, jerawat, hingga berat badan yang naik.

Bila tak pintar-pintar mengatur pola makan, bisa-bisa tubuh putra putri Anda sudah menggemuk di usia yang masih sangat muda. Bila sudah demikian, sebaiknya cari cara yang asyik agar remaja mau menurunkan berat badannya.

Berikut beberapa cara unik yang bisa dilakukan remaja untuk menurunkan berat badannya :

1. Menari
Seseorang yang punya berat 72 kg diperkirakan dapat membakar kalori sebanyak 219 selama satu jam menari. Menari dapat menjadi cara yang bagus untuk bertemu orang dan beberapa sekolah juga menjadikan menari sebagai kegiatan yang rutin. Ini bisa menjadi cara yang asyik untuk menurunkan berat badan dan mengempeskan perut buncit pada remaja.

2. Bersepeda dan berjalan kaki
Orang dengan berat badan 72 kg juga bisa membakar 183 kalori dengan 1 jam berjalan kaki atau membakar 292 kalori dengan bersepeda selama 1 jam.
Bersepeda atau berjalan kaki ke sekolah atau ke rumah teman dapat menjadi lebih menarik ketimbang harus naik bus atau mobil. Selain itu, cara seperti itu lebih sehat untuk menurunkan berat badan atau mengempeskan perut yang buncit pada remaja.

3. Kurangi waktu nonton TV
Metabolisme remaja melambat secara signifikan bila mereka menghabiskan waktu berlama-lama di depan televisi. Bahkan, metabolisme akan lebih cepat ketika Anda beristirahat ketimbang menonton televisi.
Dengan rata-rata remaja menghabiskan 30 jam seminggu menonton televisi, itu merupakan waktu yang banyak untuk membuat metabolisme menjadi lambat, yang berarti membuat risiko obesitas semakin besar.
Jadi, jika Anda tidak punya energi untuk keluar dan olahraga, tidur siang atau hanya duduk sambil berpikir bukan menonton TV dapat membantu Anda menurunkan berat badan.

4. Makan sehat
MayoClinic merekomendasikan mengonsumsi kurang dari 75 kalori makanan manis, 3-5 porsi lemak, 3-7 porsi protein dan susu, 4-8 porsi karbohidrat, minimal 3 porsi buah-buahan dan minimal 4 porsi sayuran setiap hari. Hindari makanan cepat saji dan temukan cara baru dan menarik untuk memasak makanan yang lebih memuaskan untuk menghindari makan berlebihan.


SUMBER : http://www.beritadulu.com/4743-cara-unik-turunkan-berat-badan-untuk-remaja.html

Rabu, 13 Maret 2013


MAKALAH WAWASAN NUSANTARA

BAB 1
PENDAHULUAN

1.1 LATAR BELAKANG

Kehidupan manusia di dunia mempunyai kedudukan sebagai hamba Tuhan Yang Maha Esa dan sebagai wakil Tuhan di bumi yang menerima amanat-Nya untuk mengelola kekayaan alam. Didalam kehidupan berbangsa dan bernegara dengan keanekaragaman yang ada diperlukan adanya keutuhan suatu negara. Upaya pemerintah dan rakyat menyelenggarakan kehidupannya, memerlukan suatu konsepsi yang berupa Wawasan Nasional. Kehidupan negara senantiasa dapat dipengaruhi oleh perkembangan lingkungan yang strategis sehingga wawasan harus mampu memberi inspirasi pada bangsa dalam menghadapi berbagai hambatan.

1.2  TUJUAN

Tujuan dari penyusunan makalah ini adalah
1.    Untuk memenuhi tugas mata kuliah softskill Pendidikan Kewarganegaraan
2.    Untuk mengetahui pengertian dari wawasan nusantara
3.    Untuk mengetahui  unsur-unsur dasar dari wawasan nusantara
4.    Untuk mengetahui kedudukan, fungsi dan tujuan wawasan nusantara
5.    Untuk mengetahui hakekat wawasan nasional Indonesia
6.    Untuk mengetahui asas wawasan nasional Indonesia
7.    Untuk mengetahui tantangan implementasi dari wawasan nusantara

BAB II
PEMBAHASAN

1.1   LANDASAN WAWASAN NASIONAL

1. Paham-paham kekuasaan

a. Paham Marchiavelli (Abad XVII)
Dalam bukunya yang berjudul “The Prince” Marchivelli, sebuah Negara akan bertahan apabila menerapkan dalil-dalil berikut :
  • Segala cara dihalalkan dalam merebut dan mempertahankan kekuasaan,
  • Untuk menjaga kekuasan Rezim, politik adu domba  (“devide at impera”) adalah sah,
  • Dalam dunia politik yang kuat pasti dapat bertahan dan menang
b. Paham Kaisar Napoleon Bonaporte
Napoleon berpendapat bahwa perang dimasa depan akan merupakan perang total yang mengerahkan segala daya upaya dan kekuatan nasional. Dia berpendapat bahwa kekuatan politik harus didampingi oleh kekuatan logistik dan ekonomi nasional.

c. Paham Jenderal Clausewitz
Menurut Klausewitz, perang adalah kelanjutan politik dengan cara lain. Baginya, peperangan adalah sah-sah saja untuk mencapai tujuan nasional suatu bangsa.

d. Paham Feuerbach dan Hegel
Paham matearilisme Fuerbach dan teori sintesis Hegel menimbulkan dua aliran yaitu kapitalisme dan komunisme. Menurut mereka bahwa ukuran keberhasilan ekonomi suatu Negara adalah seberapa besar surplus ekonominya, terutama diukur dengan emas.

e. Paham Lenin
Lenin telah memodifikasi paham Clausewitz. Menurutnya, perang adalah kelanjutan politik dengan cara kekerasan. Bagi Leninisme/komunisme, perang atau pertumpahan darah, atau revolusi diseluruh dunia adalah sah dalam kerangka mengkomuniskan seluruh bangsa di dunia.

f. Paham Lucian W.Pye dan Sidney
Para ahli tersebut menjelaskan adanya unsur-unsur subyektivitas dan psikologis dalam tatanan dinamika kehidupan politik suatu bangsa, Kemantapan suatu system politik dapat dicapai apabila system tersebut berakar pada kebudayaan politik bangsa yang bersangkutan.

1.2 WAWASAN NASIONAL INDONESIA

Teori-teori Geopolitik

      Geopolitik berasal dari kata “geo” atau bumi dan politik yang berarti kekuatan yang didasarkan pada pertimbangan-pertimbangan dasar dalam alternatif kebijaksanaan nasional untuk mewujudkan tujuan nasional.

Beberapa pendapat dari pakar-pakar Geopolitik antara lain sebagai berikut:
a. Pandangan Ajaran Frederich Ratzel  
b. Pandangan Ajaran Rudolf Kjellen     
c. Pandangan Ajaran Karl Haushofer    
d. Pandangan Ajaran Sir Halford Mackinder
e. Pandangan Ajaran Sir Walter dan Alfred Thyer Mahan         
f. Pandangan Ajaran M.Mitchel,A Saversky, Giulio Douhet,dan John Frederik Charles Fuller
g. Ajaran Nicholas J.Spykman  

1.3 PENGERTIAN WAWASAN NUSANTARA

       Kata wawasan berasal dari bahasa Jawa yaitu wawas (mawas) artinya melihat atau memandang,  jadi kata wawasan dapat diartikan sebagai cara pandang atau cara melihat. Wawasan Nusantara negara Indonesia adalah cara pandang bangsa Indonesia tentang diri dan lingkungan sekitarnya berdasarkan ide nasionalnya yang berlandaskan pancasila dan UUD 1945 (Undang-Undang Dasar 1945) yang merupakan aspirasi bangsa Indonesia yang merdeka, berdaulat, bermartabat serta menjiwai tata hidup dalam mencapai tujuan perjuangan nasional.

Menurut Prof.Dr. Wan Usman
Wawasan Nusantara adalah cara pandang bangsa Indonesia mengenai diri dan tanah air nya sebagai Negara kepulauan dengan semua aspek kehidupan yang beragam.

Menurut Kel. Kerja LEMHANAS 1999
Wawasan Nusantara adalah cara pandang dan sikap bangsa Indonesia mengenai diri dan lingkungannya yang beragam dan bernilai strategis dengan mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa dan kesatuan wilayah dalam menyelenggarakan kehidupan bermsyarakat, berbangsa dan bernegara untuk mencapai tujuan nasional.

Menurut Ketetapan  MPR Tahun 1993 dan 1998 Tentang GBHN
Wawasan Nusantara adalah cara pandang dan sikap bangsa Indonesia mengenai diri dan lingkungannya dengan mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa serta kesatuan wilayah dalam menyelenggarakan kehidupan bermsyarakat, berbangsa, dan bernegara untuk mencapai tujuan nasional.

1.4 UNSUR – UNSUR DASAR WAWASAN NUSANTARA

a.    Wadah (Contour)
Wadah bangsa Indonesia adalah organisasi kenegaraan yang dalam wujud supra struktur politik, sedangkan wadah dalam kehidupan bermasyarakat adalah kelembagaan dalam wujud infra struktur politik.

b.   Isi (Content)
Isi adalah aspirasi bangsa yang berkembang di masyarakat dan cita-cita, serta tujuan nasional yang terdapat dalam pembukaan UUD 1945.

c.   Tata Laku (Conduct)
Interaksi antar wadah dengan isi, yakni yang dapat mencerminkan identitas jati diri atau kepribadian bangsa berdasarkan kekeluargaan dan kebersamaan yang memiliki rasa bangga serta kecintaan terhadap bangsa dan tanah air.

1.5 HAKEKAT WAWASAN NUSANTARA

  Hakekat wawasan nusantara adalah cara pandang yang selalu untuh dalam lingkup nusantara dan demi kepentingan nasional. Yang artinya bahwa setiap warga harus berfikir, bersikap, dan bertindak secara utuh dan menyeluruh demi kepentingan bangsa.

1.6 ASAS WAWASAN NUSANTARA

    Asas wawasan nusantara merupakan ketentuan-ketentuan dasar yang harus dipatuhi, ditaati, dipelihara, dan diciptakan agar terwujud demi tetap taat dan setianya komponen pembentuk bangsa terhadap kesepakatan. Asas wawasan nusantara terdiri dari :
a.    Kepentingan atau tujuan yang sama
b.    Keadilan
c.    Kejujuran
d.   Solidaritas
e.    Kerjasama
f.     Kesetiaan terhadap kesepakatan

1.7 KEDUDUKAN WAWASAN NUSANTARA

Pancasila (dasar negara)                          →        Landasan Idiil
UUD 1945 (konstitusi negara)                 →        Landasan Konstitusional
Wasantara (visi bangsa)                           →        Landasan Visional
Ketahanan Nasional (konsepsi bangsa) →        Landasan Konsepsional
GBHN (kebijaksanaan dasar bangsa)    →        Landasan Operasional

  Fungsi wawasan nusantara adalah sebagai pedoman, motivasi, dorongan, serta rambu-rambu dalam menentukkan segala kebijaksanaan, keputusan, tindakan, dan perbuatan baik bagi penyelenggara Negara ditingkat pusat dan daerah maupun bagi seluruh rakyat dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

  Tujuan wawasan nusantara adalah mewujudkan nasionalisme yang tinggi di segala bidang dari rakyat Indonesia yang lebih mengutamakan kepentingan nasional dari pada kepentingan orang perorang, kelompok, dan suku.

1.8 IMPLEMENTASI WAWASAN NUSANTARA

Implementasi wawasan nusantara dalam berbagai kehidupan :

a. Implementasi dalam kehidupan politik adalah menciptakan iklim penyelenggara Negara yang sehat dan dinamis serta mewujudkan pemerintahan yang kuat, aspiratif, dan dipercaya.

b. Implementasi dalam kehidupan ekonomi adalah menciptakan tatanan ekonomi yang benar-benar menjamin pemenuhan dan peningkatan kesejahteraan kemakmuran rakyat yang adil.

c. Implementasi dalam kehidupan sosial budaya adalah menciptakan sikap batiniah dan lahiriah yang mengakui, menerima dan menghormati segala bentuk perbedaan sebagai kenyataan yang hidup di sekitarnya dan merupakan karunia Sang Pencipta.

d. Serta implementasi dalam kehidupan pertahanan keamanan adalah menumbuhkan kesadaran cinta tanah air dan membentuk sikap bela Negara pada setiap WNI.

Tantangan Implementasi Wawasan

a.   Pemberdayaan Masyarakat
Dalam arti memberikan peranan dalam bentuk aktivitas dan partisipasi masyarakat untuk mencapai tujuan nasional.

b.  Dunia Tanpa Batas
Perkembangan iptek dan perkembangan masyarakat global dikaitkan dengan dunia tanpa batas merupakan tatangan wawasan nusantara, mengingat perkembangan tersebut dapat mempengaruhi masyarakat indonesia dalam pola pikir, pola sikap dan pola tindak di dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara

c.  Era Baru Kapitalisme

vSloan dan Zureker
Dalam  bukunya Dictionary of Economics menyatakan Kapitalisme adalah suatu sistem ekonomi yang didasarkan atas hak milik swasta atas macam-macam barang dan kebebasan individu untuk mengadakan perjanjian dengan pihak lain dan untuk berkecimpung dalam aktivitas-aktivitas ekonomi yang dipilihnya sendiri berdasarkan kepentingan sendiri serta untuk mencapai laba guna diri sendiri.

vLester Thurow
Dalam bukunya The Future of Capitalism menyatakan : untuk dapat bertahan dalam  era baru kapitalisme harus  membuat strategi baru yaitu keseimbangan (balance) antara paham individu dan paham sosialis.

d.   KesadaranWarga Negara

vPandangan Indonesia Tentang Hak dan Kewajiban
Manusia Indonesia mempunyai kedudukan, hak dan kewajiban yang sama. Hak dan Kewajiban dapat dibedakan namun tidak dapat dipisahkan.

vKesadaran Bela Negara
Dalam mengisi kemerdekaan perjuangan yang dilakukan adalah perjuangan non fisik untuk memerangi keterbelakangan, kemiskinan, kesenjangan sosial, memberantas KKN, menguasai Iptek, meningkatkan kualitas SDM, transparan dan memelihara persatuan.

BAB III
PENUTUP

KESIMPULAN

     Semoga pembahasan materi diatas dapat memberikan manfaat yang positif bagi para pembaca dan dapat memberikan wawasan ilmu pengetahuan kita sebagai warga negara Indonesia mengenai materi wawasan nusantara ini serta membangkitkan kembali rasa cinta kita akan tanah air Indonesia.


Sumber :
http://elearning.gunadarma.ac.id/docmodul/pendidikan_kewarganegaraan/bab2-wawasan_nusantara.pdf
http://wartawarga.gunadarma.ac.id/2012/04/wawasan-nusantara-61/