MEMAHAMI
KOMUNIKASI BISNIS
A. Pengertian
Komunikasi Bisnis
Dalam kehidupan suatu organisasi
bisnis, komunikasi merupakan faktor yang sangat penting bagi pencapaian tujuan
suatu organisasi. Secara umum dapat dikemukakan bahwa yang dimaksud dengan komunikasi
bisnis adalah komunikasi yang digunakan dalam dunia bisnis yang mencakup
berbagai macam bentuk komunikasi, baik komunikasi verbal maupun nonverbal.
B. Unsur Pokok
Komunikasi Bisnis
<-> Memiliki tujuan, artinya komunikasi bisnis
harus memiliki tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya sejalan dengan tujuan
organisasi.
<-> Pertukaran, dalam hal ini melibatkan paling
tidak dua orang atau lbih yakni komunikator dan komunikan.
<-> Gagasan, opini, informasi, instruksi
merupakan isi dari pesan yang bentuknya beragam tergantung tujuan, situasi, dan
kondisinya.
<-> Menggunakan saluran personal atau impersonal
yang mungkin bersifat tatap muka, menggunakan media tertentu atau melalui media
yang menjangkau jutaan orang secara bersamaan.
<-> Menggunakan simbol atau sinyal yang merupakan
alat atau metode yang dapat dimengerti atau dipahami oleh penerima untuk
menyampaikan pesan.
<-> Pencapaian tujuan organisasi: salah satu
karakteristik yang membedakan organisasi atau lembaga formal dari informasi
adalah adanya tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya oleh manajemen.
C. Bentuk Dasar
Komunikasi
Komunikator yang efektif tentu saja
memiliki beberapa alat komunikasi bila ingin menyampaikan suatu pesan. Pada
dasarnya ada dua bentuk komunikasi yang lazim digunakan dalam praktek dunia
bisnis maupun non bisnis yaitu komunikasi verbal dan nonverbal. Masing-masing
bentuk komunikasi tersebut dapat dijelaskan secara singkat sebagai berikut:
1.
Komunikasi
Verbal (Verbal Communications)
Komunikasi verbal merupakan salah satu bentuk
komunikasi yang disampaikan kepada pihak lain melalui tulisan (written) maupun
lisan (oral).
Contoh :
<-> Dalam
kehidupan sehari-hari seperti Anda mengirim surat atau telepon kepada orang
lain, Anda membaca puisi di depan kelas, Anda membaca surat kabar, majalah,
jurnal, Anda mendengarkan radio, menyaksikan dan mendengarkan acara televisi.
<-> Dalam dunia
bisnis, beberapa contoh komunikasi verbal antara lain penyampaian pesan melalui
surat, memo, teknologi komunikasi modern, rapat pimpinan, briefing kepada
karyawan, wawancara kerja, dan presentasi.
2.
Komunikasi
Nonverbal
Menurut teori antropology sebelum
manusia menggunakan kata-kata, mereka telah menggunakan gerakan-gerakan tubuh,
bahasa isyarat sebagai alat untuk berkomunikasi dengan orang lain. Pendek kata,
dalam komunikasi nonverbal orang dapat mengambil suatu kesimpulan tentang
berbagai perasaan orang baik rasa senang, benci, cinta, rindu dan berbagai
macam perasaan lainnya.
Contoh :
<-> Seseorang
yang sedang tersenyum dan melakukan jabat tangan dengan orang lain untuk
mewujudkan rasa senang, simpati dan penghormatan.
<-> Seseorang
yang membuang muka untuk menunjukkan suatu sikap rasa tidak senang terhadap
orang lain.
<-> Seseorang
yang menggelengkan kepala untuk menunjukkan suatu sikap menolak atau
ketidaksetujuan terhadap sesuatu.
3. Mengapa
Komunikasi Nonverbal Penting
Meskipun komunikasi nonverbal sering tidak terencana atau kurang
terstruktur, namun komunikasi nonverbal memiliki pengaruh yang lebih besar
daripada komunikasi verbal. Isyarat-isyarat komunikasi nonverbal adalah sangat
penting terutama dalam menyampaikan perasaan dan emosi.
Salah satu kebaikan komunikasi nonverbal adalah reliabilitasnya, yang
berkaitan dengan tingkat kepercayaan yang tinggi terhadap pesan-pesan yang
disampaikan dengan menggunakan bahasa isyarat dan sejenisnya. Komunikasi dengan
menggunakan kata-kata akan lebih mudah pengendaliannya, sedangkan penggunakan
bahasa isyarat (gerakan badan/tubuh) ataupun ekspresi wajah cenderung lebih
sulit mengendalikannya.
4.
Tujuan Komunikasi Nonverbal
Menurut John V. Thil tujuan komunikasi
nonverbal antara lain:
<-> Untuk
menyediakan / memberikan informasi.
<-> Untuk
mengatur alur suatu percakapan.
<-> Untuk
mengekspresikan emosi.
<-> Untuk
memberi sifat, melengkapi, menentang, atau mengembangkan pesan verbal.
<-> Untuk mengendalikan
atau mempengaruhi orang lain.
<-> Untuk
mempermudah tugas-tugas khusus.
Komunikasi nonverbal juga mempunyai peranan yang penting dalam dunia
bisnis. Ia dapat membantu menentukan kredibilitas dan potensi kepemimpinan
seseorang. Jika seseorang dapat belajar mengelola pesan yang telah dibuat
dengan bahasa isyarat, karakteristik atau ekspresi wajah, suara dan penampilan,
maka seseorang akan dapat melakukan komunikasi dengan baik.
Sumber : http://dipisolo.tripod.com/content/silabus/kombis.htm
Tidak ada komentar:
Posting Komentar