Rabu, 05 Maret 2014

( Softskill Komunikasi Bisnis 1 )

Komunikasi dalam Bisnis adalah Ibarat Setajam Pedang Selezat Hamburger


     Komunikasi adalah hal yang sangat vital bagi kebutuhan manusia. Tidak ada manusia yang bisa hidup dengan baik, tanpa adanya komunikasi. Demikian juga dalam bisnis,  komunikasi merupakan sumber kehidupan bisnis tersebut. Sepertinya tidak ada bisnis yang bisa berhasil tanpa komunikasi dengan baik. Mulai dari perencanaan usaha, produksi hingga tahap akhir marketing dan selling kepada konsumen. Itu semua memerlukan komunikasi yang baik dan efektif. Komunikasi yang baik dan efektif dalam artian komunikasi yang dilakukan sesuai dengan kebutuhannya. Sebab cakupan komunikasi dalam dunia bisnis sangatlah luas, mulai dari mengkomunikasikan apa yang akan kita buat kepada karyawan, hingga menyampaikan produk kita kepada konsumen dalam bentuk iklan agar mereka tertarik dan membeli produk kita.

     Komunikasi bisnis ini sendiri, harus di lakukan baik di dalam perusahaan dan di luar perusahaan. Di dalam perusahaan komunikasi dengan karyawan sangat penting dilakukan agar karyawan merasa menjadi bagian dari usaha kita dan merasa yakin dengan produk yang kita hasilkan. Jika karyawan tidak mengenal dan yakin akan produk yang kita hasilkan, mereka akan sulit mengkomunikasikan produk kita kepada konsumen.

     Banyak sekali kita menemukan pengertian komunikasi dalam suatu literatur atau catatan ilmiah, secara umum. Beberapa diantaranya menyatakan bahwa komunikasi adalah suatu proses penyampaian dan penerimaan berita atau informasi dari seseorang kepada orang lain. Komunikasi yang tepat sendiri tidak akan terjadi jika penyampainya tidak menyampaikan informasi atau berita tersebut secara tepat dan baik, sehingga penerimanya tidak menerima informasi atau berita yang salah. Komunikasi tak hanya melalui percakapan lisan dan harus bertemu dengan bertatap muka atau melalui telepon saja, tetapi juga dilakukan secara tertulis. Sarana komunikasi tertulis bisa melalui faximile, surat,sms dan juga email.

     Dalam bisnis dan karir modern pun, kemampuan berkomunikasi melalui kata-kata dalam tulisan merupakan sebuah ketrampilan yang essensial, demi karir dan bisnis seseorang dituntut menjadi penulis. Apakah itu melalui email singkat untuk menyusun risalah rapat atau sebuah laporan tahunan yang panjang. Kita diperlukan memiliki ketrampilan komunikasi, karena salah satu faktor sukses nya bisnis tergantung pada kemampuan komunikasi. Tak hanya komunikasi terhadap klien atau pelanggan, pemasok, tetapi juga komunikasi bawahan kepada atasan atau sebaliknya, komunikasi dengan rekan kerja. Komunikasi melalui tulisan akan menjadi sarana untuk penyediaan data, penawaran pendapat, memotivasi dan membujuk orang lain, atau memberi koreksi positif pada managemen atau perusahaan.

     Ketika kita berkomunikasi melalui tulisan yang tujuannya adalah untuk memberi informasi kepada pembaca, gunakan format “corong” yaitu memulai dengan apa yang terpenting bagi pembaca, lalu kupas “siapa, apa, kapan, dimana, mengapa, dan bagiamana.” Penulisan evaluasi itu hendaknya seperti hamburger, pendahuluan itu ada di atas daging dan rincian ada di tengah, kemudian kesimpulan ada di bawah. Jika tulisan yang sifatnya membujuk, coba yakinkan pembaca untuk sepakat dengan cara pikir kita, dimana kita bisa memulai dengan menggariskan kepedulian mereka, kemudian berkonsentrasi pada hasil-hasil yang mereka inginkan. Kemudian ajukan jalan keluar da nisi pernyataan-pernyataan yang mendukung sehingga mampu membuat orang mengerti dengan apa yang kita sampaikan, dan tanpa kita sadari kita mampu membawa pembaca serasa menikmati “kelezatan sepotong hamburger”.




Sumber : http://lifestyle.kompasiana.com/catatan/2014/02/05/komunikasi-dalam-bisnis-adalah-ibarat-setajam-pedang-selezat-hamburger-632968.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar