Digelar, Konferensi Internasional Bisnis Komunikasi
Kamis, 13 September 2012 | 03:40 WIB
JAKARTA,
KOMPAS.com - International Conference Business and Communication (ICBC) atau
Konferensi Internasional bidang Bisnis dan Komunikasi kembali digelar untuk kedua
kalinya oleh komunitas Unika Atma Jaya. Tahun ini, ICBC mengangkat tema
"Managing Change in Global Context: Toward Sustainable
Competitiveness".
Digelar
pada 19-20 September 2012 di Gedung Yustinus, Universitas Katolik Atma Jaya
Jakarta, konferensi tersebut akan dihadiri oleh para akademisi, dosen,
professor, dan para CEO perusahaan, serta mahasiswa-mahasiswi jurusan bisnis,
ekonomi dan komunikasi dari berbagai perguruan tinggi.
A
Prasetyantoko, Ketua LPPM Universitas Atma Jaya mengatakan, di era globalisasi
saat ini persaingan di dalam dunia bisnis semakin tinggi. Para pemilik modal
asing telah menguasai dunia bisnis dan ekonomi kreatif dalam negeri.
"Perusahaan
semakin sulit mengelola perubahan yang terjadi secara global. Perubahan yang
kini sangat cepat dan tidak terduga merupakan tantangan yang besar bagi
manajemen perusahaan," kata A Prasetyantoko dalam siaran persnya di
Jakarta, Rabu (12/9/2012).
Untuk
itu, lanjut Prasetyantoko, konferensi ini akan membahas mengenai apa saja efek
dan pengaruh globalisasi dalam dunia bisnis dan ekonomi dari berbagai
perspektif, mulai dari perspektif para pemegang modal di Asia hingga Eropa,
maupun perspektif dari kalangan para akademisi.
"Menghadapi
pengaruh globalisasi dibutuhkan penanganan yang dinamis dan kreatif. Inilah
yang akan ditekankan," ujarnya.
Adapun
narasumber nasional maupun internasional yang akan hadir sebagai pembicara di
antaranya, Ali Mundakir (Vice President Corporate Communication of PT
Pertamina) dan Jerry J Justianto (CEO Masima Gorup dan praktisi industri
media). Sementara pembicara di kalangan akademisi di antaranya dari Universitas
Katolik Atmajaya, Miriam College, Filipina, University of Aveiro, Portugal,
serta Westfalische Hochschule University of Applied Sciences, Jerman.
Student
Forum
Selain
konferensi, kegiatan ICBC juga memberikan tempat untuk mengembangkan
kreativitas para mahasiswa di bidang bisnis, ekonomi, maupun komunikasi melalui
kompetisi Student Forum. Student Forum kali ini melombakan Business Plan
Competition yang bertemakan "My Business, My Passion."
"Business
plan yang dilombakan haruslah sebuah business plan yang legal dan original,
bukan plagiat," kata Dorien Kartikawangi, Ketua Panitia The Second ICBC.
Kompetisi
ini terbuka untuk mahasiswa dari seluruh perguruan tinggi di Indonesia.
Pemenang yang terpilih akan mendapatkan hadiah uang tunai sejumlah Rp 5 juta
untuk pemenang pertama, Rp 3 juta pemenang kedua, dan Rp 2 juta untuk pemenang
kedua dan ketiga.
Penulis : M Latief
Editor : Hertanto Soebijoto
Tidak ada komentar:
Posting Komentar