Kamis, 09 Oktober 2014

Asuransi Jiwa

ASURANSI JIWA


1.  Pengertian Asuransi Jiwa
Asuransi jiwa merupakan suatu pelimpahan resiko atas kerugian keuangan oleh tertanggung kepada penanggung. Perlu digaris bawahi bahwa Resiko yang dilimpahkan kepada penanggung bukanlah resiko hilangnya jiwa seseorang, tetapi yang dilimpahkan adalah kerugian keuangan sebagai akibat hilangnya jiwa atau karena mencapai umur tua sehingga menjadi tidak produktif lagi.

Sepanjang hidup manusia selalu dihadapkan pada sebuah resiko. Resiko yang dimaksudkan adalah kemungkinan terjadinya peristiwa-peristiwa yang dapat menyebabkan hilang atau berkurangnya nilai ekonominya. Orang berada dalam keadaan tidak tenang karena tidak mengetahui dengan pasti berapa beban keuangan yang harus dipikul selama menjalani hari tuanya, dan tidak tau sampai umur berapa ia akan hidup.

Maka dasar asuransi jiwa adalah sekelompok orang yang menyadari bahwa setiap orang pasti akan meninggal dunia tetapi tidak tahu secara pasti kapan kematian tersebut terjadi. Oleh karena itu diperlukan jaminan keuangan dalam jangka waktu tertentu, selama yang ditinggalkan belum dapat menyesuaikan diri dengan kondisi baru.

Asuransi jiwa secara umum memiliki manfaat manfaat sebagai berikut :
a) Menggantikan hilangnya penghasilan seseorang ketika dia tidak mampu bekerja karena cacat
b) Membayar biaya pemakaman dan biaya perawatan sewaktu sakit
c) Menjamin ketersediaan dana untuk sementara waktu bagi ahli waris atas kehilangan pendapatan dari tertanggung yang meninggal dunia
d) Membayar hutang-hutang yang belum terlunasi pada saat tertanggung meninggal dunia
e) Untuk menyeimbangkan anggaran keluarga ketika tertanggung meninggal.
f)  Menjamin ketersediaan dana yang diperlukan ahli waris, melebihi program manfaat yang diberikan oleh pemerintah/ institusi lainnya
g) Membayar pengeluaran-pengeluaran medis yang diakibatkan oleh sakit atau kecelakaan
h)  Menyediakan dana pensiun.

2.Contoh Kasus Asuransi Jiwa
Misalnya kita membangun sebuah bisnis dengan teman dekat kita dengan modal patungan (dengan modal sendiri-sendiri lalu di gabung) dan ketika usaha itu semakin maju, aset perusahaan semakin meningkat, bagaimana jika sesuatu hal partner kita meninggal dunia?

Jika hal ini terjadi mungkin akan timbul beberapa hal sebagai berikut :
a)  Istri almarhum akan mendatangi anda dan menuntut hak yang menjadi bagian almarhum suaminya. Sementara mungkin di saat yang sama perusahaan tidak memiliki uang tunai yang banyak untuk memberikan hak tersebut kepada istrinya, karena modal perusahaan lebih banyak tertanam dalam bentuk aset, jika kita menjual aset tersebut berarti perusahaan kita akan terganggu kegiatan operasionalnya bahkan paling buruknya adalah perusahaan kita akan mengalami kebangkrutan.
b) Istri almarhum akan meminta pembayaran gaji suaminya, yang sudah tentu perusahaan anda tidak mungkin membayarnya karena dia tidak bekerja pada perusahaan kita atau seandainya dia bekerja di perusahaan pun kompetensi dan kemampuannya belum tentu sama dengan almarhum suaminya.

Sebagai pengusaha harus memahami tentang resiko yang tidak dapat di hindari ini harus di kelola dengan baik sehingga menjadi terkendali. Karena resiko semacam ini tentu tidak dapat di hindari oleh siapapun.

Dengan asuransi Jiwa ini resiko di atas terjadi maka istri almarhum akan menerima kompensasi atas bagian saham suaminya di perusahaan tersebut, sementara mitra yang masih hidup akan tetap dapat mempertahankan pengendalian penuh atas perusahaan sebagai pemegang saham tunggal. Hal ini saling menguntungkan kedua belah pihak.

Untuk itulah Asuransi Jiwa ini di rancang agar dapat mengendalikan resiko tidak terduga sehingga perusahaan anda dapat tetap berjalan dengan lancar meskipun terjadi hal-hal yang terburuk sekalipun.

3.Contoh Perusahaan Asuransi Jiwa
( Manulife Indonesia )
Perusahaan Asuransi Jiwa Manulife Indonesia memiliki beberapa produk perlindungan jiwa yaitu sebagai berikut :

A.    Family Estate Protection (FEP) 
Family Estate Protection merupakan program perencanaan keuangan dalam bentuk asuransi dengan jenis pembayaran Premi Tunggal (sekaligus) yang memberikan perlindungan jiwa seumur hidup (hingga usia 99 tahun) dan pemberian dana pasti di akhir Masa Pertanggungan yang dapat memenuhi kebutuhan keluarga tercinta Anda.

Keistimewaan dari produk ini adalah:
1) Perlindungan Seumur Hidup
Family Estate Protection merupakan asuransi seumur hidup yang akan memberikan perlindungan sepanjang hidup Anda.
2) Mempertahankan Tingkat Gaya Hidup
Keluarga Anda masih akan memiliki apa yang dapat Anda berikan ketika Anda tidak lagi bersama mereka, sehingga mereka dapat mempertahankan tingkat gaya hidup mereka seperti yang Anda harapkan.
3) Premi Tunggal
Hanya dengan satu kali pembayaran Premi, Anda sudah dapat menikmati perlindungan jiwa seumur hidup yang memberikan ketenangan karena Anda telah memiliki perencanaan keuangan untuk Anda dan keluarga.
4) Mewujudkan rencana keuangan Anda
Family Estate Protection membantu Anda merencanakan keuangan Anda yang dapat dilakukan secara bertahap sesuai dengan kondisi arus kas Anda.
5) Pembentukan nilai tunai yang bisa mencapai titik impas dengan Premi secara unik
Family Estate Protection membentuk Nilai Tunai dan bisa mencapai titik impas dalam 8 tahun (sesuai dengan ketentuan berlaku).
6) Nilai Pertanggungan Tambahan
Selain jaminan Nilai Tunai, Family Estate Protection memberikan Nilai Pertanggungan Tambahan sebagai bonus.

B.    Manulife Value Protector Absolute (MVP Absolute)
Manulife Value Protector Absolute merupakan produk asuransi jiwa yang dikaitkan dengan investasi, hadir untuk mengatasi masalah Anda dengan memberikan manfaat perlindungan secara lengkap untuk memastikan masa depan Anda dan keluarga Anda terlindungi dari segala kemungkinan.

Keunggulan dari Manulife Value Protector Absolute :
1) Manulife Value Protector membantu Anda dalam merencanakan tujuan finansial Anda di masa depan dengan memberikan perlindungan asuransi jiwa hingga 99 tahun.
2) Memberikan jaminan Polis tetap aktif selama 5 tahun pertama Polis meskipun Nilai Polis tidak cukup membayar biaya-biaya yang timbul (syarat dan ketentuan Polis MVP Absolute berlaku)
3) Memberikan fleksibilitas dalam menentukan Uang Pertanggungan sampai dengan 150 kali dari Premi Dasar, tergantung dari Usia Masuk dan jenis kelamin Tertanggung.
4) Fleksibilitas dalam berinvestasi, dapat bebas menentukan besarnya Top Up berkala untuk memaksimalkan hasil investasi.
5) Fleksibilitas dalam memilih kombinasi Dana Investasi sesuai kemampuan finansial dan profil risiko Anda.
6)Kesempatan untuk memperluas Manfaat Pertanggungan.

C.    ProActive (PA) 
ProActive merupakan program asuransi jiwa berjangka dengan masa perlindungan per tahun yang memberikan perlindungan maksimal dengan Premi yang terjangkau. Asuransi ini dapat diperpanjang secara otomatis tanpa seleksi risiko ulang.

Asuransi ini juga dapat dilengkapi dengan program Asuransi Tambahan yang sesuai dengan kebutuhan perlindungan yang Anda inginkan. Bagi Anda yang berusia 45 tahun, hanya dengan menyisihkan Rp8.470/hari, Anda akan mendapatkan manfaat perlindungan sebesar Rp500.000.000.

Bagi Anda yang berusia 18 hingga 60 tahun, yang membutuhkan perlindungan asuransi tahunan yang fleksibel baik dalam mata uang Rupiah atau US Dollar, asuransi jiwa ProActive merupakan produk yang tepat bagi Anda.

Perlindungan dapat dimulai kapan saja serta dapat disesuaikan dengan jangka waktu Anda membutuhkan perlindungan tersebut. Selain itu, asuransi ini juga fleksibel, yang dapat diperpanjang hingga usia 70 tahun tanpa seleksi risiko ulang. Anda juga dapat mengubah ProActive menjadi asuransi permanen, tanpa seleksi risiko ulang.

D.    ProActive Plus (PAP)
ProActive Plus adalah program asuransi jiwa yang memberikan perlindungan selama jangka waktu tertentu sesuai kebutuhan Anda, yaitu: 5 – 20 tahun Masa Pertanggungan.

ProActive Plus tidak hanya untuk perencanaan keuangan Anda, namun dapat memberikan proteksi terhadap jiwa dengan premi yang terjangkau dan tidak berubah (flat) selama Masa Pertanggungan, serta dapat diperpanjang secara otomatis tanpa seleksi risiko ulang. Selain itu asuransi ini dapat dilengkapi dengan program Asuransi Tambahan sesuai dengan kebutuhan perlindungan yang Anda inginkan.

Dengan Premi terjangkau, bagi Anda yang berusia 45 tahun, hanya menyisihkan Rp9.720/hari Anda akan mendapatkan manfaat perlindungan sebesar Rp500.000.000. ProActive Plus khusus bagi Anda yang berusia 18 hingga 65 tahun, yang membutuhkan perlindungan asuransi jiwa yang fleksibel yang tersedia dalam mata uang Rupiah ataupun US Dollar. Perlindungan dapat dimulai kapan saja, serta dapat disesuaikan dengan jangka waktu Anda membutuhkan perlindungan tersebut.

D.    ProLiving Absolute (PLA)
ProLiving Absolute, Produk ini memiliki beberapa keunggulan yaitu jaminan perlindungan jiwa hingga Anda berusia 99 tahun, pilihan Metode Pembayaran Premi yang fleksibel, bonus perlindungan atas risiko Cacat Total Tetap, bonus Nilai Pertanggungan Tambahan dan jaminan diterima tanpa memerlukan pemeriksaan kesehatan (berlaku untuk Plan Silver).
  
Manfaat-manfaat yang ditawarkan adalah :
a.    Manfaat Meninggal
b.    Manfaat Cacat Total Tetap
c.    Manfaat Akhir Kontrak

Syarat-syarat Pendaftaran :
a.   Usia Masuk Tertanggung    : 30 hari – 65 tahun
b.   Metode Pembayaran Premi : Tahunan / Semesteran / Triwulan / Bulanan
c.   Masa Pembayaran Premi    : 5/10/15/20 tahun
d.  Mengisi dan melengkapi Surat Permintaan Asuransi Jiwa (untuk pilihan Plan Gold) atau Formulir Pendaftaran (untuk pilihan Plan Silver)


Referensi :
1.http://www.manulife-indonesia.com/perlindungan-jiwa?language=id
2.http://prokonseling.blogspot.com/2013/02/manajemen-resiko-asuransi-jiwa.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar