Komunikasi
Pemasaran
Pengertian
Komunikasi Pemasaran
Komunikasi pemasaran adalah proses penyebaran
informasi tentang perusahaan dan apa yanghendak ditawarkannya (offering) pada
pasar sasaran.
Peran komunikasi pemasaran sangat vital
mengingat peran komunikasi dalam memfasilitasihubungan saling menguntungkan
antara perusahaan dengan pembeli prospektif.
Berkat perkembangan ilmu pemasaran, tujuan
komunikasi kini tak lagi terbatas untuk men-dorongpembelian pertama, namun juga
memastikan kepuasan paska pembelian sehingga meningkatkankemungkinan terjadinya
pembelian berulang dan pembeli tersebut menjadi pelanggan yang loyal.
Setiap perusahaan selalu berusaha untuk dapat
berkomunikasi dengan konsumen. Komunikasi diperlukan untuk memberitahu konsumen
hal-hat berikut:
o
Tersedianya suatu penawaran (offering)
o
Benefit unik dari penawaran tersebut
o
Di mana dan kapan dapat diperoleh dan digunakan penawaran di atas.
Apa pun pesan yang dipilih untuk
dikomunikasikan hendaknya memang diinginkan audiens yang dituju, bersifat
eksklusif atau unik dari sisi produk atau jasa yang ditawarkan, dan bisa
dipercayadalam hal klaim benefit yang ditawarkan oleh produk tersebut.
Bauran
Komunikasi Pemasaran
Bauran
komunikasi pemasaran adalah program komunikasi pemasaran total perusahaan yang
terdiri atas iklan, penjualan pribadi, promosi penjualan dan hubungan
masyarakat yangdipergunakan perusahaan untuk mencapai tujuan penyebaran
informasi tentang perusahaan danapa yang hendak ditawarkannya (offering) pada
pasar.
Ketika
perusahaan merancang strategi komunikasi, pemasar harus membuka wawasannya agar
berpikir dalam kerangka komunikasi pemasaran terpadu, yaitu memanfaatkan
beragam elemenbauran komunikasi yang berbeda-beda agar tercipta koherensi yang
saling mendukung.
Berkat
kemajuan teknologi dan perkembangan ilmu pemasaran, kini komunikasi perusahaan
tidak lagi terbatas, style dan harga produk, bentuk dan warna kemasan, tata
cara dan busana wiraniaga,dekorasi ruangan, alat tulis kantor semuanya
mengkomunikasikan sesuatu pada pelanggan.
Setiap brand contact rnembawa kesan yang bisa
memperkuat atau justru memperlemah citra perusahaan di mata konsumen. Karena
itu, pemasar harus memadukan keseluruhan bauranpemasaran agar dapat efektif
mengkomunikasikan pesan dan positioning strategis yang konsisten pada konsumen.
Komunikasi
Pemasaran Terpadu
Komunikasi pemasaran terpadu (integrated
marketing communications atau IMC), yaitu Konsepperencanaan komunikasi
pemasaran yang mengakui nilai tambah rencana komprehensif yang mengkaji peran strategis
masing-masing bentuk komunikasi danmemadukannya untuk meraih kejelasan,
konsistensi, dan dampak komunikasi maksimal melalui pengintegrasian pesan. Atau
komunikasi pemasaran yang memanfaatkan beragam elemen bauran komunikasi yang
berbeda-beda agar tercipta satu kesatuan dengan koherensi yang saling
mendukung.
Beberapa fenomena yang membuat strategi
bisnis lama sudah tak relevan lagi dan mendorong perusahaan untuk melakukan
strategi komunikasi pemasaran terpadu adalah:
o
Banjir informasi yang cenderung memanjakan konsumen.
o
Liberalisasi perdagangan yang membuka sekat-sekat usaha yang
selama ini menjadi usaha domestik.
o
Komoditasi produk yang makin cepat sebagai dampak inovasi dan
persaingan yang makin intensif.
o
Media mania yang telah berhasil merebut kepercayaan publik sebagai
sumber fakta dan kebenaran
o
Belanja iklan yang meroket sehingga komunikasi pemasaran menjadi
overload dan makin tidak efektif karena konsumen cenderung menurun kemampuannya
dalam mengingat pesan yang telah dilihat dan didengar.
Sumber
http://sembiring-timotius.blogspot.com/2013/03/bauran-dan-komunikasi-pemasaran.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar