Rabu, 16 April 2014

Omzet Puluhan Juta Pedagang Batu Mulia

Omzet Puluhan Juta Pedagang Batu Mulia
Kamis, 10 April 2014
Penulis: Rachmat Muslim

PUSAT BATU MULIA - Anda yang hendak belanja batu mulia, sebaiknya kunjungi pasar ini. Ada 700 pedagang batu mulia yang menjajakan dagangannya di sini. Dari giok, ruby, serta batu mulia lainnya.

Pasar Rawa Bening atau Jakarta Gems Center (JGC) rasanya sudah tak asing lagi bagi kolektor batu mulia. Sebab, pasar yang berada di Jalan Raya Bekasi Barat, Jatinegara, Jakarta Timur itu, berbagai jenis batu dengan beraneka ragam harga dijajakan.

Asyiknya lagi, tidak hanya tersedia batu yang telah jadi alias siap pakai, di pasar Rawa Bening yang lokasinya tak jauh dari stasiun Jatinegara ini, kita bisa memesan bentuk perhiasan sesuai selera. Bahkan membuat  model sendiri pun dilayani.

Jika Anda berkunjung ke JGC, pemandangan warna-warni yang berasal dari pantulan cahaya beragam jenis batu mulia langsung terhampar. Pasar tersebut memang dikenal sebagai gudangnya berbagai jenis batu, baik untuk perhiasan cincin, gelang, kalung, bahkan ada juga yang menganggap batu pembawa berkah.

Aryo, salah seorang pedagang di Pasar Rawa Bening menuturkan, pasar tersebut memang dikhususkan untuk pedagang dan perajin batu mulia. Di kawasan ini ada sekitar 700 pedagang batu. Pedagang berskala kecil yang berjumlah 430 pedagang menempati lapak-lapak terbuka. Sedangkan 270 pedagang berskala besar menempati kios yang tersusun rapi di area pertokoan.

"Semua jenis batu di jual di sini, namun ada kelas-kelasnya. Lapak yang harga sewanya memang jauh lebih murah, menjual batu akik yang murah. Pembelinya pun biasanya pria-pria yang hanya membeli batu untuk cincin," ujarnya saat diwawancarai Plasadana.com untuk Yahoo Indonesia.

Sedangkan pedagang berskala besar yang menempati kios, biasanya menjual batu mulia yang lebih beragam dan bernilai jual tinggi. Sehingga, sasaran pembelinya pun jauh berbeda, bisa kolektor atau penyuka batu mulia berkualitas tinggi.

"Harga batu yang dijual bisa sampai jutaan, bahkan puluhan juta," tuturnya.

Aryo menambahkan, harga batu perhiasan ini ditentukan oleh jenis, corak, sinar, keindahan, dan keunikannya. Selain itu, kelangkaan sebuah batu juga bisa memberikan kontribusi dalam mengatrol harga jualnya.

PUSAT BATU MULIA - Anda yang hendak belanja batu mulia, sebaiknya kunjungi pasar ini. Ada 700 pedagang batu mulia

Untuk batu akik, harganya mulai Rp5-100 ribu. Sedangkan batu jenis ruby atau blue saphire sekitar Rp10 juta dan untuk batu jamrud Rusia bisa mencapai Rp20 juta. Harga mahal itu lantaran batu-batu jenis tersebut memiliki nilai keindahan yang lebih dibanding jenis lainnya.

"Umumnya pemakai batu ruby, blue saphire dan zamrud Rusia adalah kalangan kelas atas. Keindahan warna batu inilah yang membuat ia dibanderol sampai puluhan juta, bahkan ratusan juta rupiah," tutur pria yang sudah sepuluh tahun berdagang di pasar Rawa Bening itu.

Mengenai omzet penjualan, Aryo enggan menyebut angka pasti. Namun, lelaki asal Sumatera Barat ini mengatakan, jika dirata-ratakan, penjualannya sekitar Rp20 juta setiap bulannya.
"Pelanggan saya ada dua jenis. Ada kolektor dan pedagang dari luar kota. Jadi, soal omzet, alhamdulillah yah sesuatu," ucapnya dengan gaya Syahrini.

PUSAT BATU MULIA - Anda yang hendak belanja batu mulia, sebaiknya kunjungi pasar ini. Ada 700 pedagang batu mulia

Pasar Rawa Bening sepertinya memang cukup berhasil menarik minat banyak penggemar batu mulia untuk berkunjung ke tempat tersebut. Yustiman, salah satu pengunjung mengaku, jika ingin membeli batu mulia dirinya pasti mengunjungi pasar tersebut.

Meskipun nilai jual kembali batu yang dibelinya tidak terlalu menguntungkan, namun ia tidak mengindahkannya. Dengan senang hati, dia rela mengeluarkan uang yang besar guna memiliki perhiasan bertahta batu permata itu.

Walaupun sulit untuk menjualnya kembali, kata dia, tapi ada gengsi dan kepuasan tersendiri ketika memilih batu dan model yang diinginkan untuk digunakan sebagai perhiasan. "Biasanya jenis yang saya beli adalah batu ruby, karena warnanya yang terang dan menarik," aku pria paruh baya tersebut.




Sumber : https://id.berita.yahoo.com/omzet-puluhan-juta-pedagang-batu-mulia-122934233.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar