Komunikasi yang Efektif dalam Pengembangan
Bisnis
Komunikasi
bisnis yang efektif diperlukan oleh semua organisasi bisnis dalam upaya
mencapai tujuannya. Organisasi bisnis yang produktif ditunjang oleh penguasaan
komunikasi bisnis para anggota organisasinya, baik penguasaan komunikasi verbal
(lisan dan tulisan), maupun komunikasi non-verbal. Fakta empiris dalam dunia
organisasi menunjukkan bahwa sebagain besar anggota organisasi melakukan
pekerjaannya dengan melakukan komunikasi.
Dalam
kehidupan organisasi bisnis, keberadaan tim kerja semakin populer. Banyak
perusahaan dari berbagai industri menerapkan konsep tim kerja dalam melakukan
aktifitasnya. Pemakaian tim kerja diyakini banyak pimpinan perusahaan akan
lebih efektif, dibandingkan penyelesaian aktifitas secara individual. Pemakaian
tim kerja diharapkan dapat menciptakan sinergi yang positif. Penjumlahan aggota
dalam tim akan memungkinkan menghasilkan output yang lebih besar dibandingkan
output total yang dikerjakan oleh masing-masing individu. Tidak peduli seberapa
berbakatnya seseorang, betapapun unggulnya sebuah tim atau seberapapun kuatnya
kasus hukum, keberhasilan itu tidak akan diperoleh tanpa penguasaan
keterampilan komunikasi yang efektif.
Keterampilan
melakukan komunikasi yang efektif ini akan berperan besar dalam mendukung
pencapaian tujuan dari seluruh aktivitas. Untuk dapat melakukan komunikasi yang
efektif, maka kemampuan untuk mengirimkan pesan atau informasi yang baik,
kemampuan untuk menjadi pendengar yang baik, serta keterampilan menggunakan
berbagai media atau alat audio visual merupakan bagian yang sangat penting
dalam organisasi bisnis.
Dalam
menjalankan praktek bisnisnya, individu yang melakukan praktek bisnis tersebut
akan berkomunikasi dengan orang lain dan semua pihak yang berkaitan dengan
bisnisnya. Komunikasi itu dapat terjadi antara atasan dengan bawahan,
komunikasi dengan konsumen, dan komunikasi dengan pihak ketiga (seperti
pemasok, distributor, pemerintah, pihak lain). Untuk melakukan praktek bisnis
ini, maka para pelaku bisnis harus memiliki kemampuan dalam berkomunikasi agar
komunikasi yang efektif dapat terwujud dalam lingkungan organisasi bisnis.
Sumber
http://sembiring-timotius.blogspot.com/2013/03/komunikasi-yang-efektif-dalam.html
http://sembiring-timotius.blogspot.com/2013/03/komunikasi-yang-efektif-dalam.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar